Sabtu, 17 Maret 2012

Nyontek???


NYONTEK ??!
 


 Ya, satu kata ini mungkin sudah sering kita dengar. Apalagi bagi para pelajar yang sering melakukan hal ini saat ujian. Nyontek atau yang bisa disebut dengan mencontoh adalah sikap atau perilaku menjiplak atau mengikuti sesuatu untuk kebaikan dirinya sendiri ataupun hanya untuk keisengan semata.
Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa nyontek itu selalu berhubungan dengan siswa. Namun anggapan itu salah karena banyak orang (bukan siswa) yang melakukan hal menyontek. Menyontek itu ada yang positif dan negative. Misalnya saja cara berpakaian seseorang yang menyontek cara berpakaian artis idolanya, hingga ia membuat baju yang sama dengan artis idolanya (menurutku sih ini gak begitu penting ya, nanti kalo artisnya nyeblung sumur, ntar ikut-ikutan jugakan bahaya) haha, itu sih positif-positif aja tapi kalo perilaku artis yang negative jangan ditiru ya... Contoh yang lainnya adalah menyontek perilaku dan akhlak para nabi, itu positif banget dan perlu kita camkan dalam kehidupan kita.:D. Untuk menyontek hal yang negative adalah menyontek jawaban ujian saat ujian sekolah dan menyontek pekerjaan rumah dari sekolah yang biasa kita singkat PR teman kita. Nah kali ini saya akan membahas sedikit mengenai perilaku siswa (menyontek) saat ujian.

Atas dasar apa siswa melakukan hal contek menyontek???

Ujian adalah salah satu momok bagi semua siswa di sekolah manapun. Ujian dapat jelek, hati jadi kecewa bahkan ada yang merasa menjadi anak bodoh saat nilai ujian turun. Untuk itu banyak siswa yang melakukan kecurangan saat ujian. Itu alasan pertama.
Kepepet, ya itu satu kata yang juga menggambarkan siswa-siswa yang sering melakukan contek menyontek. Terkadang siswa merasa soal yang ada didepannya itu sulit terjawab sehingga ia terpaksa mencontek agar nilainya bagus (padahal gak semua jawaban yang kita contek itu benar). Lagi-lagi alasannya adalah nilai. Itulah alasan yang kedua. hehe

Kapan siswa melakukan hal contek menyontek???

Waktu yang paling baik untuk mencontek adalah saat pengawas ujian lengah. Kebanyakan pengawas guru lengah disebabkan karena mengantuk dan bosan karena menjaga ujiannya sendirian hingga tekadang sampai tertidur dimeja pengawas. Untuk pengawas ujiannya lebih dari satu biasanya kelengahan itu dikarenakan keenakan ngomong bahkan gossip dengan partnernya. Perilaku para pengawas ini sungguh membuat hati para siswa senang karena dengan mudahnya mereka bisa menyontek. Apalagi kalau pengawasnya punya prinsip, terserah mau ngapa-ngapain asal gak rame. Wah itu pasti bikin siswa jingkrak-jingkrak kegirangan (ngayal). Haha

Bagaimana cara siswa mencontek???

Siswa menyontek dengan berbagai cara agar nilai bisa bagus. Misalnya saja dengan bahasa isyarat jari masing-masing siswa, untuk jawaban A maka jari menunjukkan angka satu, untuk jawaban B  maka jari menunjukkan angka 2 dan setreusnya. Kadang saya juga berpikir bagaimana caranya bila pilihannya sampai Z dan jawabannnya adalah Z, ribet kali ya. Itu adalah cara yang sudah pasaran disekolah. Ada juga cara nekat saat siswa melakukan menyontek, yaitu dengan membaca buku yang sudah disiapkan dikolong meja atau saling mengirim pesan yang berisikan jawaban dengn teman satu kelasnya atau dengan lain kelas, bahkan ada juga yang mengirimkan pesan ke teman luar sekolah menanyakan jawaban soal tersebut. Itu kalo menurutku sangat membuang-buang waktu, lebih baik waktunya buat mikir.haha..
Tapi, ada satu lagi cara siswa yang bisa dibilang diam-diam tapi menghanyutkan maksudnya diam-diam tapi sukses. Yaitu dengan cara izin ke kamar mandi dengan mengantungi pena. Dimana teman lain kelas sudah menunggu di kamar mandi dengan membawa jawabannya dan tinggal nyalin deh di tangan yang menyontek. Sukses banget deh.
JANGAN DITIRU!!!!

            Itu adalah sepenggal tulisan mengenai contek menyontek. Ini saya tulis berdasarkan pemikiran dan cerita-cerita dari teman-teman saya. Saya sendiri sih juga pernah menyontek entah dalam hal apapun termasuk menyontek jawaban teman saat ujian. Meskipun kata guru bahwa menyontek adalah hal kecurangan yang mirip dengan koruptor yang juga bertindak curang terhadap rakyat tapi sampai sekarang sikap menyontek itu belum terhapuskan. Entah mengapa??
Tapi ya sudahlah dari semua hal yang terjadi pasti ada balasannya. Entah itu baik ataupun buruk.

Keep spirit!
Don’t give up!
Be your self

0 komentar:

Posting Komentar