Rabu, 29 Februari 2012

KTS


Karya Tulis Sederhana

DAMPAK PENAYANGAN FILM LASKAR PELANGI
MELALUI CHANNEL SCTV BAGI SISWA SMPN 1 MALANG

Indonesia adalah salah satu negara yang memunculkan film-film yang berkualitas dengan bermacam-macam aliran cerita, seperti horor, petualangan, percintaan, dan sebagainya.
Film adalah salah satu media yang menayangkan sebuah cerita. Laskar Pelangi adalah salah satu film yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, karena ceritanya yang menarik. Film yang menceritakan tentang perjalanan anak di daerah terpencil yang berusaha mendapatkan pendidikan ini boleh ditonton oleh semua kalangan masyarakat.
Selama ini kita tahu banyak film yang telah ditayangkan oleh banyak bioskop di berbagai daerah. Namun kadangkala ada beberapa film yang sudah beredar di bioskop-bioskop ditayangkan lagi di televisi. Salah satunya adalah film Laskar Pelangi. Film ini ditayangkan oleh channel SCTV, maka dari itu penelitian tentang dampak yang ditimbulkan oleh penayangan film Laskar Pelangi di SCTV diperlukan untuk mengetahui dampak penayangan film tersebut melalui channel SCTV.
Film yang diambil dari novel karangan Andrea Hiratta ini banyak mendapat respon dari masyarakat yang telah menonton film ini. Ini menunjukkan bahwa film ini sangat. Apalagi film ini juga ditayangkan di televisi. Maka tambah banyak masyarakat mengetahui tentang film ini.
Dari 10 yang mendapatkan angket, ada 5 orang yang berpendapat sama bahwa dampak penayangannya di SCTV adalah mereka mengetahui isi dari cerita Laskar Pelangi karena sebelumnya mereka belum menonton film ini. Menurut mereka film ini sangat bagus untuk ditonton seluruh kalangan masyarakat apalagi setelah film ini ditayangkan di SCTV karena film ini mengandung unsur cerita yang mendidik.
Sedangkan 5 orang lainnya berpendapat bahwa penayangan film Laskar Pelangi kembali di SCTV ini membuat mereka senang karena mereka sudah pernah menonton film ini dan ketika melihat di SCTV di tayangkan kembali film ini mereka senang karena bisa melihat lagi film ini. Mereka menyukai film ini karena mereka dapat memetik hikmah dari film ini, yatu jangan mudah menyerah apabila kita ingin menggapai sesuatu. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa penayangan ini juga berdampak negative. Karena seseorang bisa saja merekam tayangan film Laskar Pelangi melalui televisi kemudian memasukan rekaman tersebut dan menjual bajakan tersebut.

Dari 10 angket yang dibagikan dapat disimpulkan bahwa penayangan film Laskar Pelangi melalui channel SCTV ini membawa dampak baik dari kalangan masyarakat. Karena apabila masyarakat ada yang tidak tahu tenang film Laskar Pelangi ini sekarang bisa menjadi tahu karena film ini telah di tayangkan melalui televisi.
Sedangkan dampak dari cerita ini adalah kita bisa memetik hikmah dari cerita tersebut. Karena film ini mengandung unsur-unsur yang mendidik. Dan membuat kita tahu bahwa pendidikan itu sangat penting. Namun ada juga dampak negative yang ditimbulkan oleh penayangan tersebut yaitu keluarnya video bajakan yang telah direkam melalui penayangan film Laskar Pelangi melalui channel SCTV.

0 komentar:

Posting Komentar